Wa/Hp: 085104960994 | 085738728337. Call: 081933005114 info@auto2000denpasar.com

Pertamina baru saja naikkan harga BBM non susidi mereka, khususnya Pertamax Series, Dex Series, dan Biosolar Non PSO. Ini tentu membuat biaya operasional kendaraan, bertambah, apalagi kalau mobil boros.

Khusus buat pengguna mobil, adakah tips agar konsumsi bahan bakar minyak (BBM) tidak menjadi boros, sehingga kocek tak jebol? Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, konsumsi BBM itu berpengaruh pada dua hal, pertama performance engine dan cara pemakaian. Faktor mesin sendiri misalnya ada kerak berlebihan di mesin, menyebabkan pembakaran tak sempurna.

“Itu berefek pada power yang tak maksimal dihasilkan, sehingga mesin butuh lebih banyak BBM. Kemudian misalnya komponen pengapian, busisnya tidak berfungsi penuh, sehingga mendorong penggunaan bahan bakar lebih besar dan lainnya,” ujar Nurrahman

Jadi secara tidak langsung, melakukan perawatan berkala ke bengkel wajib hukumnya, dan jangan tertunda waktunya. Kemudian dari faktor berkendara seperti yang disebut Nurrahman, seperti mengutip Korlantas Polri dan Astra International dalam “Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas”, ada beberapa tips cara berkendara irit bahan bakar. Jangan terlalu lama memanaskan mesin kendaraan, cukup kurang lebih 1 menit. Biasakan melakukan perpindahan gigi (transmisi manual) pada putaran 2.000-3.000 rpm. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak, bila tidak diperlukan. Gunakan tekanan angin pada ban kendaraan sesuai spesifikasi.